-->

Kajian Menarik Tentang Jarak Waktu Sholat Fardlu Berdasarkan Jemari

Sholat secara Bahasa (Etimologi) berarti Do'a, sedangkan secara Istilah/Syari'ah (Terminologi), sholat adalah perkataan dan perbuatan tertentu/khusus yang dibuka/dimulai dengan takbir (takbiratul ihram) diakhiri/ditutup dengan salam. (Kitab Shifatu Shalaati an Nabiyyi Shallallahi 'Alaihi wa Sallam min at-Takbiiri ilaa at Tasliimi Ka-annaka Taraahaa, cek rujukannya disini)

Sholat merupakan rukun perbuatan yang paling penting diantara rukun Islam yang lain, sebab ia mempunyai pengaruh yang baik bagi kondisi akhlaq manusia. sholat didirikan sebanyak lima kali setiap hari, dengannya akan didapatkan bekas/pengaruh yang baik bagi manusia dalam suatu masyarakatnya yang merupakan sebab tumbuhnya rasa persaudaraan dan kecintaan diantara kaum muslimin ketika berkumpul untuk menunaikan ibadah yang satu di salah satu dari sekian rumah milik Allah subhanahu wa ta'ala (masjid). (Kitab Shifatu Shalaati an Nabiyyi Shallallahi 'Alaihi wa Sallam min at-Takbiiri ilaa at Tasliimi Ka-annaka Taraahaa, cek rujukannya disini)

Nah, disini admin menemukan kajian menarik dari salah satu Kiai dari Sampang,  Kiai Fakhrur Rozy Akhid mengenai Jarak Waktu Sholat Berdasarkan Jemari Tangan, seperti apa kajiannya? Mari kita simak dibawah ini.



Shubuh
Di jari jempol atau ibu jari, menandakan sholat shubuh, ibarat ibu dari semua sholat dan yang paling berat untuk dilakukakan dan paling besar pahalanya, apalagi dilaksanakan secara berjemaaah. Mantap deh

Dzuhur
Di jari telunjuk, menandakan sholat zhuhur adalah sholat yang dikerjakan pada waktu dimana manusia sedang sibuk-sibuknya bekerja dan tunjuk sana tunjuk sini demi kebutuhan hidupnya.

Ashar
Di jari tengah, menandakan sholat ini paling utama dan paling tinggi dari pada sholat lainnya، seperti jari tengah yang paling tinggi daripada jari yang lain.

Mahgrib
Di jari manis, menandakan sholat ini paling disukai untuk dikerjakan, manis seperti manisan, karena manusia sedang dalam keadaan santai bersama keluarga.

Isya' dijari jentik, menandakan manusia yang sering menyepelekan sholat isya' bahkan sampai tertidur, padahal sholat ini memiliki manfaat yang sangat besar.

عن عثمان بن عفان رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله- صلى الله عليه وسلم- يقول: «مَنْ صَلَّى العِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى الَّليلَ كُلَّهُ». أخرجه مسلم.

Barang siapa yang sholat isya' berjamaah maka seperti sholat separuh malam, dan barang siapa yang sholat shubuh berjema'ah, maka ia seperti sholat seluruh malam.

صلاة الظهر
فإنها الساعة التي تسعر فيها جهنم ، فما من مؤمن يصلي هذه الصلاة ، إلا حرم الله تعالى عليه لفحات جهنم يوم القيامة
Sholat Dzuhur diwaktu api jahanam dinyalakan, maka jika seorang yang sholat Dzuhur, Allah Ta'ala mengharamkan api jahannam menjilatinya dihari Kiamat nanti.

صلاة العصر
فإنها الساعة التي أكل فيها آدم عليه السلام فيها من الشجرة ، فما مؤمن يصلي هذا الصلاة إلا خرج عن ذنوبه كيوم ولدته أمه ثم تلا قوله تعالى – { حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى
Sholat Ashar diwaktu ini nabi Adam Alaihis salam, memakan buah khuldi, maka jika seorang yang sholat ashor maka keluar darinya semua dosanya seperti ia baru dilahirkan.

صلاة المغرب
فإنها الساعة التي تاب فيها الله تعالى على آدم عليه السلام فما من مؤمن يصلي هذه الصلاة محتسبا ثم يسأل الله تعالى شيئا إلا أعطاه إياه
Sholat maghrib diwaktu ini nabi Adam alaihis salam bertaubat pada gusti Allah ta'ala, maka jika seorang yang sholat maghrib karena mengharap pahala dan berdoa, maka akan dikabulkan semua doanya.
Punya terjemah/kajian sendiri mengenai hal tersebut? Silahkan komentar :)

Subscribe untuk mendapatkan artikel gratis melalui Email

1 Response to "Kajian Menarik Tentang Jarak Waktu Sholat Fardlu Berdasarkan Jemari "

  1. I think this is among the most vital information for me. And i'm glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is wonderful, the articles is really nice : D. Good job, cheers google mail sign in

    ReplyDelete

Adblock Terdeteksi

Ingin membaca artikel disini? Mohon nonaktifkan Adblock (Pemblokir Iklan) pada browser Anda

Terima Kasih, Jazakumullahu Khairan

×