-->

Wanita Haram Melihat Wajah Laki-laki?



Apakah wanita haram melihat wajah laki-laki?
Telah kita ketahui, bahwa laki-laki memiliki hukum dan batasan-batasan tertentu dalam persoalan melihat wajah wanita yang bukan mahramnya. Namun bagaimana jika perempuan melihat terhadap wajah laki-laki yang bukan mahramnya? Mari kita simak.

Saat ibnu ummi maktum masuk kedalam kediaman kanjeng nabi pada waktu itu Ummu Salamah dan Ummu Habibah (Maimunah) bersama nabi, seketika itu nabi menyuruh mereka berdua memakai hijab, mereka berdua membantah karna ibnu maktum seorang tuna netra sambari berkata :
" Dia buta tidak bisa melihat kami "
Nabipun menegaskan :
" Apa kalian berdua juga buta dan tidak bisa melihatnya ? "
Maka dengan hadis ini kalangan Syafi'iyah dengan pendapat yang ashoh, wanita diharamkan melihat wajah lelaki lain sekalipun dia buta dan tua, dan walau tanpa syahwat dan tidak takut fitnah.

شرح مسلم : 
وَأَمَّا نَظَر الْمَرْأَة إِلَى وَجْه الرَّجُل الْأَجْنَبِيّ فَإِنْ كَانَ بِشَهْوَةٍ فَحَرَام بِالِاتِّفَاقِ ، وَإِنْ كَانَ بِغَيْرِ شَهْوَة وَلَا مَخَافَة فِتْنَة فَفِي جَوَازه وَجْهَانِ لِأَصْحَابِنَا :
أَصَحّهمَا تَحْرِيمه لِقَوْلِهِ تَعَالَى : " وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارهنَّ " وَلِقَوْلِهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأُمِّ سَلَمَة وَأُمّ حَبِيبَة : ( اِحْتَجِبَا عَنْهُ ) أَيْ عَنْ اِبْن أُمّ مَكْتُوم فَقَالَتَا : إِنَّهُ أَعْمَى لَا يُبْصِرنَا فَقَالَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَفَعَمْيَاوَانِ أَنْتُمَا أَلَيْسَ تُبْصِرَانِهِ " ؟ .

Namun, melihat keberlangsungan hidup kita pada saat ini, rasanya sangat sukar sekali hal diatas untuk dihindari, karena sering kali, bahkan hampir setiap hari seorang wanita berinteraksi dengan laki-laki karena kepentingan berdagang, belajar mengajar, atau hal lain yang dibutuhkan untuk bertatap muka. Oleh karena itu, dalam kitab Al Baijuri dijelaskan terdapat pendapat kedua yang lebih ringan agar tidak semakin banyak dosa dalam melihatnya.

قال الشيرازي صاحب " المهذب " من الشافعية : فأما الحرة فجميع بدنها عورة إلا الوجه والكفين .. ولو كان الوجه والكفين عورة لما حرم سترهما , ولأن الحاجة تدعو إلى إبراز الوجه في البيع والشراء وإلى إبراز الكف للأخذ والعطاء , فلم يجعل ذلك عورة )

Namun alangkah lebih baiknya, seorang perempuan tetap menjaga pandangannya terhadap laki-laki, terlebih laki-laki terhadap perempuan, hukumnya jauh lebih berat seperti yang kita ketahui :)
Demikian hukum wanita melihat wajah laki-laki, semoga bermanfaat :)

Subscribe untuk mendapatkan artikel gratis melalui Email

0 Response to "Wanita Haram Melihat Wajah Laki-laki?"

Post a Comment

Adblock Terdeteksi

Ingin membaca artikel disini? Mohon nonaktifkan Adblock (Pemblokir Iklan) pada browser Anda

Terima Kasih, Jazakumullahu Khairan

×