-->

Tentang Kami

Santri Ngeblog? Apasih?

Mari kita bahas satu-persatu.

Santri


بِشَاهِدِ حَالِهِ هُوَ مَنْ يَعْتَصِمُ بِحَبْلِ اللهِ اْلمَتِيْنِ ، وَيَتَّبِعُ سنَّةَ الرَّسُوْلِ اْلاَمِيْنِﷺ ، وَلاَ يَمِيْلُ يُمْنَةً وَلاَيُسْرَةً فِي كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنٍ ، هَذَا مَعْنَاهُ 
بِالسِّيْرَةِ وَالْحَقِيْقَةِ لاَ يُبَدَّلُ وَلاَيُغَيَّرُ قَدِيْمًا وَحَدِيْثًا وَاللهُ اَعْلَمُ بِنَفْسِ اْلاَمْرِ وَحَقِيْقَةِ اْلحَالِ

Santri (السنتري) berdasarkan peninjauan tindak langkahnya adalah "Orang yang berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan mengikuti sunnah Rasul SAW serta teguh pendirian.” Ini adalah arti dengan bersandar sejarah dan kenyataan yang tidak dapat diganti dan diubah selama-lamanya (https://id.wikipedia.org/wiki/Santri). Definisi ini dibenarkan dan digunakan oleh banyak Pondok Pesantren di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.
Santri, secara umum adalah istilah/sebutan bagi seseorang yang mununtut Ilmu Pendidikan Agama Islam pada suatu tempat yang biasa disebut Pesantren. Ada yang menetap (Mondok), Nyolok (Istilah bagi Santri yang pulang pergi dari rumah ke Pesantren setiap harinya), dan ada pula yang mondok hanya untuk berkhidmat (mengabdi). Juga ditambahkan oleh Gus Mus (KH. A. Mushtofa Bisri), bahwa Santri bukan hanya yang berada di Pondok Pesantren, tapi siapapun yang berakhlak santri, tawadlu’ kepada Allah, tawadlu’ kepada kekasih Allah, juga disebut Santri.

Blog
Sejauh ini, blog tidak memiliki pengertian yang baku. Jelas dalam KBBI tidak akan tercantum, namun dalam kamus TI (Teknologi Informasi) pasti diurai. Menurut kamus Teknologi Infomasi, Blog adalah suatu situs yang menyediakan halaman Web dan memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menuliskan jurnal harian atau pribadi pada halaman tersebut. Dalam persepsi informasi, blog adalah media online yang digunakan untuk kegiatan menulis baik oleh personal, komunitas, institusi  ataupun lainya dengan tujuan tertentu dan dilengkapi dengan fasilitas umpan balik (feedback). Tulisan tersebut bisa hasil dari pemikiran pribadi seperti Opini, atau catatan perjalanan seseorang, ilmu pengetahuan, tutorial, informasi, dan lain sebagainya. Sebuah blog dapat diklarifikasikan berdasarkan isi kontennya,seperti blog politik, hukum, agama, riset, bisnis, sastra, seni, dan lain-lain. Blog juga tidak digunakan untuk personal saja, namun juga komunitas, institusi, atau lembaga lain yang memanfaatkannya.

Lalu apa itu Ngeblog?
Ngeblog, menurut kami pribadi adalah sebuah aktifitas tulis, baca, dan berbagi dalam media sosial.

Nah, kalo Santri Ngeblog?
Sudah jelas, dari sini dapat diketahui siapa subjek dan objek yang melakukan aktivitas ngeblog ini. Kenapa Santri? Saat ini media online telah menjadi jamur global dikalangan masyarakat menengah kebawah hingga menengah keatas. Problema nahi munkar tentunya juga diterapkan dalam dunia maya, banyak sekali manfaat dan mudlorot yang bisa saja kita temukan dalam dunia maya. Nah, Santri, berbekal ilmu keagamaan yang insyaAllah cukup, dapat memilah dan memilih ana yang baik dan mana yang buruk, melakukan dakwah di media online, tentunya juga agar menunjukkan bahwa persepsi sebagian masyarakat akan kekolotan seorang santri itu salah. 
Oleh karena itu, kami sabagai Santri yang aktif di Dunia Maya, menyediakan wadah (http://www.santringeblog.com) untuk para santri untuk menulis, membaca, dan tentunya dengan seleksi tulisan yang tidak melanggar etika.
Diharapkan dengan menguasai teknologi informasi dan komunikasi akan terbentuk santri-santri Indonesia dengan ilmu, ketakwaan, dan passion tinggi yang akan mewarnai masyarakat digital dunia; sambil juga mengangkat harkat masyarakat Indonesia sendiri dalam berbagai dimensinya di dunia internasional. 
Semangat Ngeblog, Salam Ngeblog !

Adblock Terdeteksi

Ingin membaca artikel disini? Mohon nonaktifkan Adblock (Pemblokir Iklan) pada browser Anda

Terima Kasih, Jazakumullahu Khairan

×